PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kiprah Tani RRI Mamuju: Konsep Pengendalian Hama Penyakit Terpadu pada Tanaman




Kiprah Tani RRI Mamuju kali ini membahas tentang ruang lingkup pengendalian hama penyakit secara terpadu, di mana Muh. Syaifullah Hiola, M.Si berkesempatan menjadi narasumber.

 

 
Pengendalian Hama Penyakit Terpadu (PHPT) merupakan suatu sistem yang memadu padankan beberapa teknik pengendalian menjadi satu kesatuan yang memperhatikan aspek ekonomi, ekologi, dan sosial.
 
Penerapan pengendalian hama/penyakit di lapangan umumnya masih menggunakan pengendalian secara kimia secara tidak bijaksana. Oleh karena itu dalam dialog Kiprah Tani kali ini, Syaifullah menjelaskan bahwa konsep PHPT merupakan salah satu faktor penunjang dalam rangkaian kegiatan budidaya pertanian berkelanjutan.
 
Syaifullah menjelaskan bahwa dalam mengendalikan populasi hama di lapangan, kita perlu mengenal organisme apa saja yang kita temukan beserta fungsinya serta tingkat kerusakan yang ditimbulkan. Pemahaman tentang organisme ini tentunya didapatkan proses monitoring (pengamatan dengan bantuan teknologi berupa aplikasi pengamatan organisme) secara berkala dan hasil konsultasi bersama penyuluh lapangan.
 
Oleh karena itu sudah sejatinya konsep PHPT ini menjadi sebuah pemahaman bersama dari tingkat petani, penyuluh, hingga ke instansi pemerintahan terkait demi mensukseskan kegiatan pertanian yang berkelanjutan.