PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Sosialisasi Survey Budaya Kerja ASN Lingkup BSIP Tahun 2023




Mamuju - Sebagai wujud pemantauan dan evaluasi budaya kerja BerAKHLAK secara berkesinambungan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menggelar Survei Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup BSIP tahun 2023. Survei tersebut antara lain Survei Indeks BerAKHLAK, Survei Employee Engagement, dan Survei Employer Branding.

 
Rabu, 4 Oktober 2023 seluruh pegawai PNS BSIP Sulawesi Barat mengikuti secara daring sosialisasi dan pengisian survei budaya kerja ASN di aula BSIP Sulawesi Barat yang didampingi langsung oleh Kasubbag TU Raden Dwi Teguh Wijanarko, SP.
 
Acara sosialisasi dibuka oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian. Beliau menjelaskan penerapan budaya kerja berlandaskan BerAKHLAK, yang merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, masih dirasa belum maksimal. Saat ini fokus harus diarahkan pada membangun perilaku, nilai-nilai, dan keyakinan (budaya kerja). "Core values BerAKHLAK jangan hanya disosialisasikan tetapi diinternalisasikan. Sosialisasi itu hanya sampai level pengetahuan atau knowledge, sementara internalisasi menempatkan BerAKHLAK sebagai nilai dan keyakinan di hati ASN,” ujarnya.
 
Selanjutnya, Sari bertindak sebagai narasumber yang juga bertugas memberitahukan alur demi alur cara pengisian survei budaya kerja tersebut. "Bapak/Ibu tidak perlu menyiapkan data dukung apapun karena survei ini akan tercerminkan dari aktivitas terapan BerAKHLAK yang sehari-hari Bapak/Ibu sudah lakukan,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Survei Budaya Kerja ASN 2023. Beliau juga mengungkapkan di tahun 2022 telah dilakukan Survei Indeks BerAKHLAK yang hasilnya dijadikan baseline pengukuran di tahun 2023. Hasil survei menunjukkan rata-rata indeks implementasi ASN BerAKHLAK di 442 instansi pemerintah yang memenuhi syarat minimum responden adalah 60,9 persen atau di kategori B yaitu Cukup Sehat.