PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Workshop Penyusunan Pagu Alokasi Anggaran 2024 dan Reviu APIP




Sebagai salah satu tahapan dalam sistem penganggaran, BSIP menggelar Workshop Penyusunan RKA-K/L Pagu Alokasi Anggaran 2024 lingkup BSIP Kementan yang berlangsung mulai tanggal 3-6 Oktober 2023, berlokasi di Hotel Salak the Heritage, Jl. Ir. H. Juanda 8, Bogor. Kegiatan diikuti oleh 64 Satker lingkup BSIP seluruh Indonesia. 

 

 
Agenda kegiatan diisi dengan acara sosialisasi PMK 62 tahun 2023, yang paralel dengan kegiatan penyusunan dokumen RKA-K/L pagu alokasi 2024 dan review Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Salah satu target kegiatan ini adalah untuk menghasilkan dokumen rencana kerja yang berkualitas dan patuh terhadap kaidah-kaidah penganggaran sebagai quality assurance.
 
Yang masih menjadi tugas BSIP adalah menyusun grand design strategi pengembangan sumber daya dan standardisasi instrumen pertanian jangka panjang (2024-2045), sebagaimana diungkapkan Sekretaris BSIP, Dr. Ir. Haris Syahbudin, DEA dalam sambutannya.
 
Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L) yang telah disusun selanjutnya melalui proses reviu oleh tim APIP dan dilanjutkan dengan proses revisi. RKA-K/L yang telah direvisi selanjutnya diusulkan ke Kementerian Keuangan (DJA) untuk dilakukan peninjauan lebih lanjut.