PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Bimtek Standar Instrumen Pertanian Perbenihan Kedelai




Halo #SIPren, BSIP Sulawesi Barat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Standar Instrumen Pertanian Perbenihan Tanaman Pangan Komoditas kedelai di Kec. Pasangkayu, Kab. Pasangkayu pada Minggu 8 oktober 2023. Kegiatan ini dihadiri langsung Komisi IV DPR RI Dr. Suhardi Duka, M.M, Anggota DPRD Kab. Pasangkayu, Asisten II Kab. Pasangkayu, Dinas Pertanian Kab. Pasangkayu Nurdin, S.P, M,Si, Kepala BSIP Sulbar Repelita Kallo, S.TP, M.Si dan  Kelompok Tani Kab. Pasangkayu.

 

Kadis Pertanian Pasangkayu, Nurdin, SP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada anggota DPR RI, Suhardi Duka atas perhatiannya terhadap pertanian, dan selalu memperhatikan Kabupaten Pasangkayu memberikan bantuan berupa Alsintan, Program Pangan Lestari (P2L) untuk para Kelompok Wanita Tani. Beliau juga menyampaikan apresiasi terhadap BSIP Sulawesi Barat atas pelaksanaan Bimtek Standar Instrumen Pertanian Perbenihan Tanaman Pangan Komoditas Kedelai dan berharap Bimtek seperti ini ke depan tetap dilaksanakan di Kab. Pasangkayu guna meningkatkan kapasitas dan kemampuan petani dalam penerapan standar perbenihan kedelai.

 

Kepala BSIP Sulawesi Barat, Repelita Kallo, S.TP, M.Si menyampaikan tujuan dilaksankan kegiatan Bimtek ini adalah untuk mengupdate pengetahuan para petani kedelai  tentang inovasi teknologi perbenihan terstandar dari budidaya sampai pasca panen (hulu-hilir), Beliau berharap pertemuan ini dapat bermanfaat bagi para petani dalam meningkatan produktivitas dan daya saing komoditas kedelai di Kab. Pasangkayu, Sulawesi Barat.

 

Pada kesempatan yang sama Dr. Suhardi Duka, M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai anggota komisi IV DPR RI yang merupakan mitra kerja Kementerian Pertanian memiliki tanggung jawab besar untuk membantu pertanian, khususnya di Sulawesi Barat. “Kita masih banyak masalah, terkait SDM kita masih kurang pemahaman tentang pertanian, sehingga kita harus tingkatkan produktifitas pertanian kita agar kesejahteraannya bisa meningkat” lanjut SDK sapaan akrab Suhardi Duka.

 

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pemapran materi standardisasi perbenihan kedelai berdasarkan mutu benih kedelai SNI 6232:2015 oleh Ir. Marthen P. Sirappa, M.Si (Penyuluh Utama BSIP Sulawesi Barat). Dalam upaya mendukung peningkatan produksi kedelai yang berkualitas, acara ini merupakan langkah penting dalam mengedukasi petani tentang pentingnya menggunakan benih kedelai yang memenuhi standar nasional. Semoga kehadiran para narasumber dan peserta dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian di Kabupaten Pasangkayu. Harapannya hasil Bimtek ini akan memberikan manfaat yang nyata bagi petani dan masyarakat Kabupaten Pasangkayu secara keseluruhan.