PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Pemulihan Integritas Pegawai dan Kepercayaan Publik




Mamuju- Tahun ini, Kementerian Pertanian mengambil tema ”Pemulihan Integritas Pegawai dan Kepercayaan Publik”. Tema tersebut mengisyaratkan sebuah tekad dan kesungguhan Kementan untuk membangun kembali kepercayaan publik, melalui penguatan aspek integritas, karena integritas merupakan fondasi bagi tegaknya kemandirian Pertanian Indonesia. Integritas ibarat sebuah akar yang menancap kuat ke dalam tanah, menyangga, dan menopang berdirinya batang, ranting, dan daun, sehingga kokohnya integritas akan membentuk fundamen, dalam sebuah lembaga yang bersih dan berwibawa, sebagai indikator dari Perwujudan Kementerian Pertanian.

 

 
BSIP Sulawesi Barat mengikuti acara secara daring di ruang AOR yang diikuti oleh kepala BSIP Sulawesi Barat Repelita Kallo, S.TP, M.Si, Kepala Sub.Bagian Tata Usaha Raden Dwi Teguh Wijanarko, SP, Sub.Koor KSPP, KPA/PPK dan beberapa staf BSIP Sulawesi Barat lainnya.
 
Acara di awali dengan laporan Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Dr. Jan Samuel Maringka, SH.MH kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh pejabat Eselon I dan penandatanganan Pakta Intergritas oleh seluruh Pejabat Eselon II yang didampingi dan disaksikan oleh pejabat eselon 1. 
 
Pada kesempatan ini, Plt Menteri pertanian H. Arief Prasetyo Adi, S.T, M.T memberikan arahan terkait pemulihan integritas dan kepercayaan publik. Ada 9 point kritis yang disampaikan beliau, antara lain: 
1. Zero tolerance for integrity
2. Buang yang kurang baik, kosongkan semua lalu isi yang baru
3. Tetap menjaga Integritas, disiplin, keluarga (istri dan anak2)
4. Buat quick win
siapkan benih2 terbaik, Eselon 1 teknis bersama BSIP dan BRIN kolaborasi (tidak ada ego sektoral);
5. Pak Anton sbg Plt Sekjen, Itjen menjadi preventif
/Precausant
Kontrak perhari ini kembali dibuka dengan penuh integritas, 
6. TP Panen padi agar menjadi 35 Jt ton, kembalikan Shang hyang seri 3.200 Ha
7. PSP cari Alsintan yg bagus
8. PKH, terkait DOC temuI pegiat unggas, life catle, sesuaikan aturan utk mengeksekusi dan dikawal, telur ayam, sapi, 
9. PSP reveiu semua kontrak khususnya Alsintan, beli yg bagus2, buat e katalog, pupuk, peran penyuluh, pembayaran jangan ditahan2, hitungan bottom up, pendekatan lahan, digitalisasi.
 
Hadir sebagai Narasumber, Deputi Kepala BPKP bidang pengawasan instansi pemerintah bidang perekonomian dan kemaritiman melalui Slamat Simanullang mengatakan bahwa Pergeseran nilai adalah masalah terbesar saat ini. Orang-orang menilai seseorang dari apa saja yang mereka pakai sehingga integritas tersebut tidak terwujud. integritas adalah bertindak secara konsisten antara apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan. Hal senada juga diungkapkan oleh 2 narasumber lainnya yakni Katrina Endang SH, MH dari bidang pengamanan pembangunan kejaksaan RI dan Kombes Pol Hermawan selaku satgas pangan mabes Polri.