PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Penyerahan Bantuan Sarpras Pertanian kepada Petani melalui Aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI selaku Mitra Kementerian Pertanian




Mamuju, 19 Oktober 2023 - BSIP Sulawesi Barat hadir dalam acara penyerahan bantuan sarana dan prasaran pertanian kepada Petani Kabupaten Mamuju melalui Aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI selaku Mitra Kementerian Pertanian RI. Acara yang diiselanggrakan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Mamuju bertempat di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju. Turut hadir pada acara tersebut Aggota Komisi IV DPR RI Dr. H. Suhardi Duka. MM, Bupati Mamuju, Kepala Stasiun Karantina Sulawesi Barat, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Karama, Kepala Kejaksanan Tinggi Provinsi Sulawesi Barat, Sekretaris Daerah Kab Mamuju, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat, Kepala OPD Kab. Mamuju, Forkopinda Kab. Mamuju, Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Mamuju dan petani sebanyak 1.000 orang.

 

 
Sektor pertanian memiliki peran pentig dan stretegis karena menyangkut kebutuhan 281.500 Jiwa penduduk Kabupaten Mamuju, oleh karena itu kita harus serius karena menyangkut kebutuhan pokok kita dan masih sangat bergantung pada konsumsi beras. Petani memiliki peranan yang sangat vital, tanpa petani maka kita akan kekurangan pangan. Untuk menjaga keresedian tersebut maka dilakukan langkah-langkah startegis melalui program kegiatan yang mengintervensi langsung kegiatan petani yang ada di pedesaan. Adapun upaya yang dilakukan adalah meningkatkan hasil produksi dan produktivitas pertanian baik melalui intensifikasi maupupun ekstensifikasi lahan pertanian seperti pemberian bantuan sarana dan prasaran pertanian yang saat ini dilaksanakan.
 
Kepala BSIP Sulawesi Barat Repelita Kallo, S.TP, M.Si mewakili Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementan RI menyampaikan pada sambutannya bahwa alat dan mesin pertanian (alsintan) tidak bisa dipandang sebelah mata, karena merupakan instrumen transformasi pertanian konvensional menuju pertanian modern. Mekanisasi pertanian adalah hal yang sangat menolong petani dalam budidaya pertanian sebagai efisiensi budidaya pertanian. Salah satu alat yang diserahkan yakni combine harvester, yang dapat mengurangi kehilangan hasil kurang dari 2% berdasarkan hasil penelitian Litbang Pertanian pada masanya. Alat ini juga multifungsi yakni untuk alat panen, dan merontokkan gabah. “Dengan adanya penyererahan bantuan alsintan ini kami berharap akan dimanfaatkan dan dilakukan secara Lembaga serta pemeliharaannya terjaga” lanjut Repelita Kallo.
 
Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, S.H, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dr. H. Suhardi Duka. MM, yang tiada henti memberikan bantuan yakni alsintan untuk petani di Kabupaten Mamuju. Harapannya bantuan yang sudah diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik. Selanjutnya sambutan dari Anggota Komisi IV DPR RI Dr. H. Suhardi Duka. MM. sebagai mitra Kementerian Pertanian, beliau menyampaikan bahwa sektor pertanian merupakan hajat hidup orang banyak. Kondisi El Nino saat ini menyebabkan sektor pertanian baik tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan yang ada di Mamuju menemui tantangan yang cukup berat. “Jika sektor pertanian tumbuh diatas 7% maka daerah ini akan maju, karena pertanian memiliki peranan cukup tinggi pada perekonomian khususnya di Kabupaten Mamuju” tutup Suhardi Duka dalam sambutannya.
 
Penyerahan bantuan alsintan ini akan memberikan manfaat besar bagi petani di Kabupaten Mamuju, karena akan mebuat pekerjaan petani lebih mudah dan efisien. Harapannya alsintan tersebut dimanfaatkan dengan baik dan bertanggungjawab agar produksi dan produktivitas meningkat yang juga akan meningkatkan kesejahteraan petani, adapun alsintan yang diserahkan ke petani adalah traktor roda empat, traktor roda dua, combine harvester, motor roda tiga, dan UPPO.