PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Sertifikasi Pertanian Organik untuk Peningkatan Daya Saing




Halo #sobatSIP, BSIP Tanaman Pangan Menyelenggarakan kegiatan virtual public learning (VPL) dengan tema Sertifikasi Pertanian Organik Tanaman Pangan untuk Peningkatan Daya Saing Produk Pertanian. Kegiatan Publik Learning dilaksanakan secara virtual dari BSIP Tanaman Pangan dan dihadiri oleh UPT Lingkup BSIP. BSIP Sulawesi Barat hadir pada kegiatan tersebut secara daring melalu zoom meeting (24/10/2023).

 

 
 
Acara dibuka dengan arahan langsung dari Kepala Pusat BSIP Tanaman Pangan Dr. Ir. Priatna Sasmita, M.Si. Dalam arahannya Kapus BSIP Tanaman Pangan menjelaskan tujuan dari public learning ini yaitu untuk mendapatkan gambaran umum tentang sertifikasi system pertanian organik, mendapatkan informasi alur dan mekanisme serta sertifikasi produk tanaman organik dan mengetahui tentang peluang dan tantangan sertifikasi produk tanaman pangan organik. Hasil produk pertanian ini tidak terlepas dari kesehatan manusia dan lingkungan banyak ditemukan bahwa produk pertanian mengandung residu pestisida dan dilain pihak permintaan masyarakat di dunia produk yang bebas residu pestisida semakin meningkat, hal ini dikarenakan masyarakat sudah memahami dan sadar akan bahaya dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh bahan kimia sintesis dalam produk pertanian.
 
 
Penyampaian materi oleh Narasumber dibagi menjadi dua sesi yang terkait dengan sertifikasi pertanian organik Tanaman Pangan untuk Peningkatan Daya Saing Produk Pertanian. Pada sesi pertama oleh bapak Akbar Fauzy selaku Inspektor Organik Nasional dan Ekspor ICERT yang memaparkan tentang Alur dan Mekanisme Serifikasi Produk Tanaman Pangan Organik. Dilanjutkan sesi kedua oleh R. Agung Suryanto selaku Wasekjen DPN HKTI/Pegiat Usaha Agribisnis dan Pertanian dengan tema Peluang dan Tantangan Sertifikasi Produk Tanaman Pangan Organik. Kegiatan virtual public learning diakhiri dengan sesi diskusi mengenai materi yang telah disampaikan oleh para narasumber.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset