PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Seleksi Sortasi Calon Benih Jagung Komposit Varietas Jakarin




Mamuju, 25/10/2023. Tim BSIP Sulawesi Barat yang didamping langsung oleh Penanggung Jawab kegiatan perbenihan Muhtar, S.P, M.Si melakukan tahapan prosesing calon benih jagung komposit yang bertempat di Sese, Kec. Simbuang, Kab. Mamuju. 

 

 
Adapun tahapan prosesing yang dilakukan yaitu pengupasan kulit atau klobot jagung. Semua lapisan yang menempel pada biji/tongkol dikupas/dibersihkan kemudian diletakkan di terpal untuk selanjutnya diseleksi. Tongkol yang diseleksi harus memenuhi kriteria untuk dijadikan calon benih. Biji yang keriput, busuk atau yang terserang hama dan penyakit harus di buang. Selanjutnya tongkol yang terpilih dipipil dengan mesin pemipil.
 
Setelah biji dipipil, dilakukan sortasi biji, kemudian dijemur kembali di terik matahari untuk mempercepat proses pengeringan. Hal ini penting dilakukan untuk mempertahankan mutu calon benih yang akan di hasilkan. 
 
Adapun varietasnya adalah varietas Jakarin dengan kelas benih FS (Benih Dasar). Keunggulan varietas jakarin yakni tahan kekeringan, toleran terhadap pemupukan N dengan takaran rendah, agak tahan terhadap bulai, agak tahan terhadap hama daun dan karat daun, umur panen 100 HST serta potensi hasil 9,8 ton/ha.