PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Sertifikasi SNI dan SNI Bina UMK




Polman- Salah satu materi yang terangkai dalam pelaksanaan kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM, Petani, dan Penyuluh Pertanian dalam Penerapan Standar Instrumen Pertanian di Sulawesi Barat yaitu sosialisasi tentang pentingnya Standardisasi dalam suatu produk/jasa dan metode. Materi disampaikan oleh Yan Hardi Dwi Putra dari Kantor Layanan Teknis Sulawesi Selatan Badan Standardisasi Nasional.(27/10)

 
Dalam pemaparannya, pemateri menjelaskan bahwa dokumen SNI merupakan dokumen berisi ketentuan teknis (aturan, pedoman atau karakteristik) dari suatu kegiatan atau hasilnya yang dirumuskan secara konsensus dan ditetapkan oleh BSN untuk dipergunakan oleh stakeholder dengan tujuan mencapai keteraturan yang optimum ditinjau dari konteks keperluan tertentu. 
 
Berkaitan dengan peningkatan produk UMKM, BSN memiliki program SNI Bina UMK yang dibuat dengan tujuan untuk: 1). Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan; 2). Menekan biaya dan menaikkan keuntungan; 3). Meningkatkan daya saing UKM dengan industri besar; 4). Memperluas pangsa pasar; 5). Memenuhi regulasi pemerintah.
 
Pelaku usaha yang telah melalui tahapan sertifikasi dan dianggap layak akan diberikan tanda SNI bina UMK. Tanda yang ditetapkan oleh BSN untuk digunakan oleh UMK bersamaan dengan diperolehnya NIB melalui aplikasi OSS. Tanda ini diperuntukkan bagi UMK yang bidang usahanya masuk dalam KBLI (Kelompok Baku Lapangan Usaha Indonesia), yang dinilai masuk dalam kategori risiko rendah.
 
Semoga dengan adanya sosialisasi tersebut mampu meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya pelaku UMKM terhadap pentingnya standardisasi dalam meningkatkan daya saing produk.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset