PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Sosialisasi Aplikasi SIHALAL Untuk Produk UMKM Kabupaten Polewali Mandar




Polman-Kementerian Agama (Kemenag) saat ini telah memiliki aplikasi pusaka yang dinamakan Sistem Informasi Halal (SIHALAL). Aplikasi besutan Kemenag Ini merupakan aplikasi layanan Sertifikasi Halal berbasis web yang dapat diakses pada perangkat desktop atau mobile sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat.

 
Abd. Haris Nawawi, S. Ag., S.Pd., M.PdI perwakilan dari Kanwil Kemenag Kabupaten Polewali Mandar, hadir sebagai narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis yang diselenggarakan oleh BSIP Sulawesi Barat.
 
 "Aplikasi SIHALAL ini ditujukan untuk memudahkan pelaku usaha dalam mengurus sertifikasi halal. Dengan aplikasi ini, pengurusan sertifikat halal menjadi mudah dan murah," ungkap Abd. Haris Nawawi saat membawakan materi sosialisasi Aplikasi SIHALAL bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Polewali Mandar, Jumat (27/10).
 
Bapak Ibu tidak perlu repot-repot bawa berkas untuk urus sertifikasi halal atau pun jauh-jauh dari Polewali Mandar ke Jakarta. Cukup dengan menggunakan gadget yang dilengkapi jaringan internet, sudah bisa melakukan pendaftaran sertifikasi halal," imbuhnya.
 
Kehadiran SIHALAL tidak sebatas memudahkan pelaku usaha dalam mengurus sertifikat halal secara daring. Lebih dari itu, SIHALAL yang berbasis di website ini bisa pula digunakan untuk registrasi produk halal luar negeri, registrasi sertifikat halal luar negeri, pengajuan registrasi lembaga pendamping proses produk halal hingga proses pelatihan pendamping proses produk halal.
 
Bagi pelaku usaha yang ingin mengakses aplikasi SIHALAL melalui gawai, bisa mendownload melalui play store atau juga bisa melalui website SIHALAL di ptsp.halal.go.id. Dalam perjalanannya, Kemeneg akan terus mengupayakan optimalisasi dan peningkatan server layanan agar kecepatan akses SIHALAL mengalami peningkatan. Transformasi digital layanan sertifikasi melalui SIHALAL juga diharapkan dapat mempercepat pengembangan ekosistem halal di Indonesia.