PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Temu Inspirasi: Petani Milenial Sebagai Pegiat Standardisasi Pertanian?? Kenapa Tidak?!




Mamuju - Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian (Kementan) melalui petani milenial mengajak komunitas pertanian menyongsong pasar global dengan mengikuti program sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang akan disetarakan dengan sertifikasi internasional.

 

 
BSIP Sulawesi Barat mengikuti kegitan temu inspirasi melalui daring diruangan AOR, 30 Oktober 2023. Acara diawali arahan dari Kepala BB Penerapan Dr. Ir. Syamsuddin, M.Sc. Dalam arahannya, beliau menuturkan bahwa petani milenial identik dengan jiwa muda yang energik. BSIP Penerapan diberikan amanah untuk mengimplementasikan pengelolalaan pertanian yang standar menuju ke pertanian sejahtera serta pengelolaannya tidak memberi dampak yang buruk dalam segala aspek. 
 
Hadir sebagai narasumber, Rizky Bayu Pradana menyebutkan standardisasi intrumen pertanian menjadi faktor utama bagi peningkatan produktivitas, produksi dan kualiatas. hal itu akan mendorong peningkatan daya saing, baik dipasar domestik maupun pasar ekspor. 
'ada 3 faktor penting bagi peningkatan produktivitas, produksi dan kualitas yakni bibit, pakan dan kandang' ungkap Rizky. 
 
hadir pula sebagai narasumber, Didin Silahudin berbagi informasi terkait penerapan standar dalam agribisnis hortikultura. Didin menuturkan, standar membantu memastikan bahwa produk pertanian aman untuk dikonsumsi. standar jg membantu menjaga kualitas hasil. produk pertanian yang memenuhi standar memiliki akses lebih baik ke pasar lokal maupun ke pasar internasional.