PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Koordinasi dan Identifikasi Persiapan BIMTEK Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM Sektor Pertanian




Majene, Tim BSIP Sulawesi Barat melaksanakan koordinasi dan identifikasi Pelaku UMKM di Kabupaten Majene bersama Bupati Kabupaten Majene yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan KESRA Drs. H. Mustamin, Asisten I Kabupaten Mamuju, Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kab. Majene Hj. Andi Basharoe, S.P, M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Majene yang diwakili oleh Yuniarti Naim, S.E, Koordinator Rumah BUMN Kab. Majene Imam Ahmad Zulkarnain, S.IP, dan Koordinator BPP Kecamatan Banggae. (31/10)

 

Berdasarkan hasil koordinasi, Pemerintah Kabupaten Majene sangat menyambut positif dan berterima kasih kepada BSIP Sulawesi Barat kerena telah memilih Kab Majene menjadi tuan rumah pelaksanaan BIMTEK pelaku UMKM sektor pertanian. Tentunya kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM guna meningkatkan motivasi kewirausahaan dan nilai tambah yang dihasilkan dari produksi UMKM di Kab.Majene. Selain itu wujud dukungan pemerintah Kabupaten Majene dalam menyambut rencana kegiatan BIMTEK, TIM BSIP Sulawesi Barat dalam melaksanakan Koordinasi di beberapa Dinas didampingi langsung oleh Assisten I Bidang Pemerintahan dan KESRA.
 
Hasil koodinasi dan identifikasi dengan Dinas Koperindak dan UMKM Kab. Majene, Dinas Pertanian Kab. Majene, dan Rumah BUMN yang bertugas melaksanakan pendampingan UMKM di Kabupaten Majene. Dari hasil indentifikasi terdapat 2.413 pelaku UMKM di Kabupaten Majene terdiri dari 19.110 binaan Dinas Koperindag dan 503 UMKM Binaan Rumah BUMN. Kemudian koordinasi dilanjutkan ke Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Majene terkait rencana BIMTEK dan data Kelompok Tani/ KWT yang bergerak dalam usahatani khususnya pengolahan hasil produksi Pertanian dan Perkebunan. 
 
Tujuan dari identifikasi tersebut untuk mengetahui seberapa banyak jumlah pelaku UMKM, produk-produk yang dikembangkan dan masalah yang selama ini dihadapi oleh pelaku UMKM di Kabupaten Majene. Hasil identifikasi ini akan menjadi bahan pertimbagan dalam menentukan calon peserta dan materi yang akan disampaikan pada pelaksanaan BIMTEK, agar BIMTEK dapat terlaksana dengan baik dan sesuai kebutuhan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Majene. BIMTEK rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2023 di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Majene.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset