PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Rapat Koordinasi Persiapan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Tanaman Sawit Sebagai Pupuk Organik




Hari ini, Tim BSIP Sulawesi Barat melakukan pertemuan bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulawesi Barat. Rapat Koordinasi yang berlangsung di ruang kerja Ka. Balitbangda ini merupakan bagian dari persiapan yang matang untuk pelaksanaan pelatihan pemanfaatan limbah tanaman sawit sebagai pupuk organik salah satunya adalah pupuk kompos yang akan dilaksanakan di Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju.

 

 
Dalam rapat tersebut, Marthen P. Sirappa, M.Si, mewakili Tim BSIP SulBar menjelaskan rencana pelatihan yang akan datang, dimana kegiatan akan dilaksanakan pada 2 lokasi yakni di Desa Tommo 3 dan Desa Tommo 5, dengan melibatkan petani dan penyuluh wilayah tersebut. kegiatan Ini merupakan langkah signifikan dalam upaya mengurangi dampak lingkungan dari limbah sawit dan mendukung pertanian yang berkelanjutan di wilayah tersebut. 
 
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Barat H. Muhammad Hamzih, S. Ag, M.M, siap mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Sedianya pelatihan tersebut akan dilaksanakan pada tanggl 9 November 2023.
 
Tim BSIP Sulawesi Barat dan Balitbangda Provinsi Sulawesi Barat bersatu dalam komitmen mereka untuk mempromosikan pemanfaatan limbah tanaman sawit yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan masyarakat Kecamatan Tommo dapat memanfaatkan limbah tanaman sawit menjadi pupuk kompos yang ramah lingkungan dan bermanfaat bagi pertanian mereka.