PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Tekad Kuat Membara dalam Penerapan Budidaya Organik Kopi Mamasa




Lambanan, 04 November 2023 - Mentari pagi bersinar di ufuk timur mengiringi perjalanan tim BSIP Sulawesi Barat dalam melakukan kunjungan ke lahan kopi CV. Poki Cahaya Abadi di Desa Lambanan, Kec. Mamasa.

 

 
Dalam upaya pelaksanaan budidaya kopi organik diperlukan tekad kuat serta komitmen para pekerja untuk memenuhi Standar Operasional (SOP) CV. Poki Cahaya Abadi. Salah satunya terlihat dari pembersihan peralatan yang digunakan dalam sanitasi kebun kopi. Pembersihan ini rutin dilakukan sesaat sebelum dan sesudah kegiatan sanitasi dilakukan. Tujuannya yakni menjaga peralatan tetap steril dan bebas dari patogen sumber organisme pengganggu tanaman.
 
Selain secara tindakan komitmen ini pun dibuktikan secara tertulis melalui surat yang ditandatangani oleh masing-masing pekerja yang menegaskan bersedia untuk mengikuti seluruh rangkaian SOP penerapan budidaya kopi organik CV. Poki Cahaya Abadi yang disaksikan oleh tim BSIP Sulawesi Barat. 
 
Keseluruhan aksi hari ini merupakan bentuk nyata dan kesungguhan CV. Poki Cahaya Abadi dalam sinergitas bersama pekerja untuk menerapkan sistem budidaya kopi secara organik.