PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Bahas Potensi Pengembangan Pertanian, BSIP Sulawesi Barat Audiensi dengan Bupati Majene




Majene-BSIP Sulawesi Barat melakukan pertemuan audiensi yang konstruktif dengan Bupati Majene dalam upaya menggali potensi pengembangan sektor pertanian di wilayah Kabupaten Majene. Dalam pertemuan yang digelar di kantor Bupati Majene (14/11/2023), Ka. BSIP Sulawesi Barat Repelita Kallo, S.TP, M.Si secara terperinci membahas rencana kerja dan strategi untuk memajukan sektor pertanian di Sulawesi Barat. Bupati Majene H. A. Achmad Syukri, SE, MM menyambut baik upaya dari BSIP Sulawesi Barat untuk berkolaborasi dalam memperkuat sektor pertanian. Beliau menekankan pentingnya kerjasama antara pihak terkait guna meningkatkan produktivitas pertanian, memberdayakan petani lokal, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Majene.
 
Dalam diskusi yang berlangsung, beberapa pokok pembahasan meliputi pemanfaatan teknologi dalam pertanian, peningkatan akses pasar bagi produk pertanian lokal, serta program-program pelatihan dan pendampingan bagi petani untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam bertani. Pembahasan juga mengarah pada pengembangan potensi pertanian di Kabupaten Majene yakni pengembangan tanaman hortikultura seperti bawang merah, bawang putih, dan kelapa dalam serta produk-produk olahannya seperti minyak kelapa. Berdasarkan data yang dirilis oleh BPS, sektor pertanian memiliki persentase terbesar pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku di Kabupaten Majene yakni sebesar 37,74% pada tahun 2017-2021. Hal tersebut menunjukkan bahwa sektor pertanian memiliki peran penting dalam perekonomian Kabupaten Majene.
 
Diharapkan bahwa hasil dari audiensi ini akan mendorong terciptanya program-program konkret yang akan mengangkat sektor pertanian Majene ke tingkat yang lebih tinggi serta memperkuat ekonomi lokal. Pertemuan tersebut menjadi langkah awal dari serangkaian diskusi yang diharapkan dapat menghasilkan strategi yang tepat guna mengoptimalkan potensi pertanian di Majene, meningkatkan kesejahteraan petani, dan secara keseluruhan memperkuat sektor pertanian di wilayah tersebut.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset