PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM dan Sektor Pertanian melalui Bimtek




Majene, 14 November 2023 – Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat menggelar Bimbingan Teknis untuk peningkatan kapasitas pelaku UMKM, petani, dan penyuluh dalam penerapan standar instrumen pertanian. Acara yang diselenggarakan di ruang Pola Bupati Majene dihadiri oleh 80 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM, petani, dan penyuluh lingkup Kabupaten Majene.

 

 
Bupati Majene H. A. Achmad Syukri, SE, MM hadir dan membuka kegiatan Bimtek. Dalam sambutannya, Bupati Majene memberikan dukungan yang kuat terhadap upaya peningkatan kapasitas para pelaku sektor pertanian di wilayahnya. Pemerintah Kabupaten Majene mengharapkan BSIP Sulawesi Barat dapat memaksimalkan peran dalam mendukung Program Pemerintah Prov. Sulawesi Barat dan Kab. Majene di bidang pertanian. Pembangunan pertanian memerlukan sebuah standar instrumen pertanian demi menjamin mutu dari proses dan produk hasil pertanian. Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha yang dapat berkembang dan konsisten dalam perekonomian nasional dan terbukti mampu menyerap jumlah tenaga kerja yang besar. Tren positif ini yang perlu terus dijaga pertumbuhannya agar sektor UMKM dalam skala yang besar mampu mengatasi masalah kemiskinan ekstrem dan pengangguran.
 
Narasumber pada acara ini berasal dari berbagai instansi, antara lain 1. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang diwakili oleh Juani, SH menyampaikan tentang Perlindungan Merk Dagang di Indonesia; 2. Kementerian Agama (Kemenag) yang diwakili oleh Dr. H. Hasyim, LC, M.Ag menyampaikan tentang Sertifikasi Halal; dan 3. BSIP Sulawesi Barat diwakili oleh Ketut Indrayana, S.TP, M.Si menyampaikan tentang Pengenalan SNI BINA UMK. Para Narasumber memberikan wawasan dan pandangan terkini dalam mendukung pengembangan dan penerapan standar instrumen pertanian di Sulawesi Barat khususnya Kabupaten Majene.
 
Acara berlangsung dengan penuh antusiasme, menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas sektor pertanian di Sulawesi Barat. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pelaku UMKM, petani, dan penyuluh di Kabupaten Majene.