PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulawesi Barat Diseminasikan Standar Instrumen Pertanian Melalui Media Cetak




Majene-Teknologi pertanian semakin berkembang namun penguaasan dan akses informasi teknologi pertanian masih begitu lemah, pemanfaatan teknologi informasi belum sepenuhnya tersentuh oleh petani ditambah lagi minat pelaku utama dan pelaku usaha dalam mencari informasipun masih begitu kurang apalagi informasi hasil standardisasi intrumen pertanian yang masih terbatas. 

 
Upaya dalam mengatasi tantangan tersebut, yang dapat dilakukan adalah meningkatkan layanan informasi bagi pelaku utama dan pelaku usaha guna mendorong motivasi dalam menggali dan menguasai informasi. 
 
BSIP Sulbar berkomitmen dalam meningkatkan layanan informasi bagi pelaku utama dan pelaku usaha serta penyuluh Pertanian sebagai mitra dalam hirilisasi standar instrumen pertanian.
 
Melalui kegiatan Diseminasi Standar Instrumen pertanian media cetak Tim BSIP Sulbar senin 20 November 2023 melaksanakan koordinasi dan diseminasi ke BPP Kec Malunda Kab. Majene, terkait media informasi materi penyuluhan pertanian yang dikemas dalam bentuk media cetak untuk distribusikan ke PPL sebagai tambahan informasi yang akan disampaikan ke pelaku utama dan pelaku usaha yang tidak dapat dijangkau oleh BSIP Sulbar. 
 
Adapun Media Informasi yang disampaikan yakni materi penyuluhan Teknologi Budidaya Cabe, Penerapan Pengolahan Lahan Kering Komoditi Jagung, Pembuatan Pupuk Kompos Menggunakan Bahan Aktivator Promi, Teknologi Pemupukan Berimbang dan Pengendalian Hama Ulat Grayak pada tanaman Jagung. 
 
Selain itu dilaksanakan identifikasi materi penyuluhan yang dibutuhkan oleh Penyuluh pertanian BPP Kec Malunda yakni Teknologi Perbenihan Padi terstandar, Pengendalian Hama Penyakit pada tanaman Kakao, Budidaya tanaman Hortikultura seperti Nenas, Durian dan pisang sebagai tanaman primadona Kec. Malunda. Hasil identifikasi ini akan menjadi referensi untuk kegiatan diseminasi Tahun berikutnya.