PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Dukung Pembangunan Pertanian Kab. Mamuju, BSIP SulBar Hadiri Pelatihan Tematik Pembuatan POC




Mamuju-Sebagian besar petani sangat bergantung pada penggunaan pupuk kimia namun ketersediaan stok pupuk subsidipun tidak semua dapat dirasakan oleh seluruh petani, Harga pupuk non subsidi begitu mahal sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan adopsi pemupukan ditingkat petani. 

 
Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Mamuju melaksanakan kegiatan Pelatihan Tematik Pembuatan Pupuk Organik (POC) kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dalam menjawab tantangan dilapangan terkait pemupukan. 
 
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2023 bertempat di Ruang Rapat Dinas Pertanian Tanaman Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Mamuju. Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Bapak Sofyan, SP., M.Tr.P. Tim BSIP Sulawesi Barat hadir sebagai Narasumber dengan materi pembuatan pupuk organik (POC) yang dibawakan oleh Bapak Raden Dwi Teguh Wijanarko, SP Kasubbag Tata Usaha BSIP Sulbar yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Penyuluh Pertanian dan didampingi oleh LO UPSUS Kab Mamuju Ibu Marwayanti Nas, SST Penyuluh Pertanian BSIP Sulbar. Adapun jumlah peserta sebanyak 150 orang terdiri dari perwakilan ketua Kelompoktani masing-masing Kecamatan dan Penyuluh Pertanian Lapang Se Kabupaten Mamuju.
 
Setelah kegiatan pelatihan tematik berakhir Kadis Tanaman Pangan Hortikuktura dan Peternakan Kab Mamuju, bersama Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Bapak Mahyuddin,SP memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melaksanakan evaluasi dan koordinasi terkait UPSUS Kab Mamuju kepada seluruh Koordinator/Penyuluh Pertanian Se Kab Mamuju terkait Luas pertanaman padi dan Jagung periode Tanam Okmar dan sosialisasi target UPSUS Kab Mamuju Tahun 2024 Masing-masing Kecamatan se Kab Mamuju. Hal ini merupakan bukti keseriusan Kabupaten Mamuju dalam mempersipakan kegiatan UPSUS di Kabupaten Mamuju. 
 
Diakhir acara BSIP Sulawesi Barat menyerahkan Boklet dan Liptan Standar Instrumen Pertanian Komoditi Jagung dan Pembuatan Kompos menggunakan Bahan Aktivator Promi yang dapat digunakan sebagai bahan Materi Penyuluhan untuk para penyuluh pertanian dalam melaksanakan tugas pendampingan dalam mendukung peningkatan produktivitas khususnya Tanaman Pangan.