PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

BSIP Sulbar Melaksanakan BIMTEK Peningkatan SDM Pertanian di Kecamatan Pana'




Mamasa-Bertujuan untuk mendorong perkembangan sektor pertanian di Kabupaten Mamasa, Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BSIP) Sulawesi Barat, di bawah kepemimpinan Repelita Kallo, S.TP. M.Si, telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Camat Pana', Boro Marthen Luther, S.Pd. Komitmen bersama ini terus memperkuat upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia bidang pertanian di Kecamatan Pana'.

 
Dalam rangka mengimplementasikan perjanjian tersebut, tim BSIP Sulawesi Barat menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Peningkatan Kapasitas SDM Pertanian di Kecamatan Pana'. Acara berlangsung selama tiga hari (28-30 November 2023).
 
BIMTEK yang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Pana’ dihadiri oleh sejumlah peserta dari berbagai lapisan masyarakat yakni petani yang merupakan perwakilan dari 12 Desa dan 1 Kelurahan di Kec. Pana', Penyuluh, POTP, Siswa SMK Pertanian, aparat desa serta aparat Kecamatan. Adapun fokus utama kegiatan tersebut adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta di berbagai aspek pertanian, mulai dari teknik budidaya terstandar pada komoditi tanaman pangan, Hortikultura dan perkebunan, serta para peserta di latih untuk mampu membuat Pupuk Organik Cair, Pestisida Nabati, mengolah limbah rumah tangga atau limbah pertanian mereka menjadi kompos, dan menguji hara tanah dengan menggunakan Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) dan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS)
 
Marthen P. Sirappa, M.Si, mewakili Kepala BSIP Sulawesi Barat, dalam sambutannya menyatakan, "Komitmen kami dalam mendukung peningkatan kapasitas sumber daya manusia di sektor pertanian adalah langkah nyata untuk mencapai pertanian yang berkelanjutan dan berdaya saing. Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pertanian di Kecamatan Pana' "
 
Sementara itu, Camat Pana', Boro Marthen Luther, S.Pd, menyampaikan apresiasinya terhadap upaya yang dilakukan oleh BSIP Sulawesi Barat. "Kerjasama ini bukan hanya sebatas tanda tangan pada kertas, tetapi telah diwujudkan melalui kegiatan BIMTEK ini. Kami berharap pengetahuan yang didapatkan peserta dapat diaplikasikan secara nyata untuk menggerakkan roda pembangunan di sektor pertanian di wilayahnya. Lebih lanjut beliau menyampaikan tentang pntingnya perjuangkan hasil bumi di pana, majukan dan kembangkan pertanian pana, menjadikan kec. pana salah satu kecamatan di kab. mamasa yang memukau disektor pertanian, membentuk kelompok tani yg terkoordinir, menjadi petani yang kreatif ujarnya.
 
Antusias peserta terlihat sangat jelas, semangat belajar yang diperlihatkan peserta membuat semangat narasumber pun tidak padam, terlihat dari sesi diskusi yang berlangsung hingga malam dan terjadi diluar tempat kegiatan. 
 
Diharapkan, sinergi antara BSIP Sulawesi Barat dan Pemerintah Kecamatan Pana' dapat menjadi model bagi upaya serupa di berbagai wilayah, guna mempercepat pertumbuhan dan ketahanan sektor pertanian khususnya di Prov. Sulawesi Barat
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset