PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Menuju Sistem Budi Daya Pertanian Berkelanjutan, Petani Pana’ Praktik Pembuatan Pupuk Kompos, POC, dan Pesnab, serta Analisis Tanah Menggunakan PUTK dan PUTS




 Untuk meningkatkan minat petani dalam menerapkan budi daya pertanian berkelanjutan, BSIP Sulawesi Barat memberikan praktik pembuatan pupuk kompos, pupuk organik cair (POC), pestisida nabati (Pesnab), serta analisis tanah menggunakan PUTK dan PUTS. Praktik tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Pertanian Kecamatan Pana’ Kabupaten Mamasa yang dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 November 2023 dan diikuti oleh Petani, Penyuluh Pertanian, dan perwakilan SMK Pertanian Kec. Pana'.

Tekad BSIP Sulawesi Barat bersama Pemerintah Kecamatan Pana’ dalam meningkatkan kapasitas SDM pertanian difokuskan pada pengembangan keterampilan dalam pembuatan pupuk kompos, POC dan pesnab. Peserta diajak untuk memahami proses pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan bahan baku organik lokal dan aktivator promi. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan pupuk kompos berupa jerami, hijauan, kotoran ternak kerbau dan dolomit. Peserta dibimbing dalam mengidentifikasi sumber daya yang dapat diubah menjadi pupuk berkualitas tinggi. Dengan adopsi praktik ini, diharapkan petani lokal dapat mengelola limbah pertanian dengan lebih efektif dan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan. Selain pembuatan pupuk kompos dilakukan juaga praktik pembuatan pestisida nabati, alternatif yang ramah lingkungan untuk mengendalikan hama tanaman. Peserta diberikan informasi mendalam tentang tanaman-tanaman yang dapat digunakan sebagai bahan baku pestisida nabati, serta cara-cara pembuatannya. Praktik menekankan pentingnya penerapan pestisida nabati dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.

Diskusi antara peserta dan Tim BSIP Sulawesi Barat terjadi saat pelaksaan praktik untuk membangun kolaborasi dan pertukaran pengalaman yang bermanfaat. Pelaksanaan praktik memberikan kesan positif dan semangat baru bagi para peserta untuk mengimplementasikan pada lahan pertaniannya untuk mencapai pertanian yang lebih berkelanjutan. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi langkah maju bagi peningkatan kapasitas SDM pertanian di Kecamatan Pana’, tetapi juga menciptakan fondasi yang kokoh untuk masa depan pertanian yang berkelanjutan dan produktif.

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset