PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulawesi Barat Ikuti Monev Akhir Kemitraan TA.2023




Bogor-Badan Standardisasi Instrumen Pertanian Kementerian Pertanian menyelenggarakan Monev akhir kegiatan Kemitraan Pengelolaan Standardisasi Pertanian pada Selasa 12 Desember 2023 di Bogor, Jawa Barat. Diikuti oleh 36 Instansi pemerintah baik Lingkup Kementerian Pertanian maupun Perguruan tinggi. Turut Hadir pada acara tersebut Kepala BSIP Sulawesi Barat Repelita Kallo., STP., MSi untuk mempresentasikan Laporan Akhir Kegiatan serta menyampaikan Laporan Keuangan sebagai bentuk pertanggung jawaban dalam melaksanakan kegiatan sekaligus sharing informasi tentang pelaksanaan kegiatan. 

 
Terdapat 2 Kegiatan Kemitraan yang dilaksanakan oleh BSIP Sulawesi Barat yakni : 1) Bimtek Produksi Benih Tanaman Pangan Terstandar di Propinsi Sulawesi Barat; 2) Bimtek Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM, Petani dan Penyuluh Pertanian dalam Penerapan Standar di Propinsi Sulawesi Barat.
 
Salah satu output dari pelaksanaan Bimtek oleh BSIP Sulawesi Barat adalah telah tersosialisasinya SNI 6233:2015 untuk benih padi inbrida dan SNI 6232:2015 untuk benih jagung Komposit pada 3 gapoktan dan telah tersosialisasinya tata cara standardisasi produk pertanian untuk meningkatkan kualitas dan daya saing karena mutu produk yang dihasilkan sangat menentukan nilai jual produk itu sendiri. Walaupun serangkaian proses standardisasi konsekuensinya adalah adanya tambahan biaya, namun tentunya benefit yang diperoleh juga akan sepadan.