PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Manfaatkan Sumber Daya Perikanan, BSIP SulBar Bimbing Peserta PKL Mengolah Ikan Menjadi Sosis




Mamuju-Penganekaragaman produk olahan hasil perikanan perlu dikembangkan dan dapat dijadikan alternatif cara menumbuhkan kebiasaan mengkonsumsi ikan bagi masyarakat. Mengkonsumsi produk olahan ikan atau produk yang mengandung ikan, juga merupakan upaya untuk meningkatkan nilai gizi masyarakat melalui protein ikan. Salah satu bentuk dari aneka produk olahan hasil perikanan adalah sosis ikan.

Sosis ikan merupakan produk daging giling yang bersifat kenyal dan berbentuk silinder dengan pembungkus khusus (casing). Pada umumnya sosis dibuat dari daging sapi, tetapi sosis juga bisa dibuat dari daging ikan. Pada dasarnya, hampir semua jenis ikan dapat diolah  menjadi sosis, namun masyarakat lebih banyak menggunakan ikan tuna, ikan lemuru, ikan tongkol dan ikan remang sebagai produk olahan.
 
Bertempat di Laboratorium Pascapanen BSIP Sulawesi Barat, Sarpina, STP.,M.Si membimbing mahasiswa/mahasiswi Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR) melakukan praktek pembuatan sosis ikan. Jenis ikan yang adalah jenis ikan Marlin atau masyarakat Mamuju menyebutnya dengan Ikan Sori.  Ikan Sori memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan, mengandung protein yang baik untuk perkembangan otak, sehingga pemilihan bahan sebagai olahan sosis ikan sangat tepat karena sosis sangat di gemari oleh anak-anak. 
 
Harapan dari pelaksanaan ini mahasiswa yang magang di BSIP Sulawesi Barat dapat mengolah sosis ikan yang bermutu secara mandiri  dan menjadi bekal untuk berwirausaha produksi sosis ikan.