PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Pengamatan dan Pendampingan Pemupukan I VUB Padi Varietas Cakrabuana Agritan




Wonomulyo- Pupuk merupakan salah satu faktor produksi yang sangat penting selain lahan, tenaga kerja dan modal. Pemupukan berimbang memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan hasil tanaman. Tujuan pemupukan adalah menambahkan sejumlah hara agar kebutuhan nutrisi tanaman terpenuhi. Anjuran (rekomendasi) pemupukan harus dibuat lebih rasional dan berimbang berdasarkan kemampuan tanah menyediakan hara dan kebutuhan tanaman akan unsur hara, sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan pupuk dan produksi tanpa merusak lingkungan akibat pemupukan yang berlebihan.

Tim Unit Pengelola Benih ter Standar (UPBS) BSIP Sulawesi Barat terus beraksi tanpa henti. Setelah sebelumnya melakukan penanaman, kali ini tim bergerak melakukan pengamatan dan pendampingan pemupukan pertama VUB padi vaeritas Cakrabuana Agritan bersama Kelompok Tani Harapan Mulyo di Desa Bumi Ayu, Kec. Wonomulyo, Kab, Polman, Selasa 7 Mei 2024. Pengamatan dilakukan pada tanaman padi berumur 10-14 HST dengan rata-rata anakan dan tinggi tanaman padi masing-masing yaitu jumlah anakan 16 dan TT 54 cm. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui tingkat pertumbuhan varietas yang ditanam.
 
Setelah pengamatan dilanjutkan dengan pemupukan. Sebelumnya  telah dilakukan uji tanah menggunakan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS). Berdasarkan hasil uji PUTS, PH tanah berada pada kategori agak masam (PH 5-6) serta kemudian dilanjutkan pemupukan dasar dengan mangacu pada hasil uji PUTS yakni urea: 200kg/ha, SP-36 :75 kg/ha dan KCL 50 kg/ha.