PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Koordinasi Percepatan PAT Pompanisasi dan Padi Gogo di Kab.Mamuju Tengah




Mamuju Tengah- Berlokasi di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Mamuju Tengah, PJ UPSUS Perluasan Areal Tanam (PAT) wilayah Sulawesi Barat, Asmarhansyah, S.P., M.Sc., Ph.D. didampingi Koordinator L.O. BSIP Sulbar, Ketut Indrayana, S.TP melakukan kunjungan kerja dalam rangka koordinasi data PAT. Kegiatan ini merupakan tahapan lanjutan dari yang sebelumnya telah melakukan rapat koordinasi yang melibatkan beberapa stakeholder lintas instansi dari unsur pemerintahan, militer, serta masyarakat tani. 

Koordinasi yang dilakukan hari ini terkait dengan verifikasi kelompok penerima pompa. "Hari ini telah tiba sebanyak 15 unit pompa air dari 53 yang ditargetkan, dan akan bertambah dalam waktu dekat, kami akan mengawal pendistribusiannya ke kelompok yang membutuhkan khususnya pada kelompok yang sudah siap tanam" ungkap Asmarhansyah. Pelaksanaan disribusi pompa ini nantinya akan melibatkan koordinator BPP Kecamatan dan penyuluh yang turut mengawal jalannya pendistribusian pompa air.
 
Setelah melakukan koordinasi terkait data penerima pompa, dilakukan penyerahan benih padi Gogo INPAGO 9 sebanyak 90kg yang diterima secara simbolis oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Mamuju Tengah. Benih padi gogo tersebut dijadwalkan akan ditanam di Kec. Karossa yang memiliki potensi lahan padi gogo seluas 65 Ha.
 
Semoga dengan giat yang telah dilakukan hari ini dapat meningkatkan potensi PAT di wilayah Kab. Mamuju Tengah dan dapat berkontribusi besar terhadap peningkatan PAT di Provinsi Sulawesi Barat secara umum.