PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Penyerahan Pompa Sebagai Upaya Peningkatan IP Padi




Majene-Dalam rangka mendukung kegiatan Upaya khusus Penambahan Areal Tanam (PAT) Tahun 2024, Kepala BSIP Sulawesi Barat (Repelita Kallo, STP.,M.Si) bersama TNI mendampingi Bapak Bupati Majene (H.Andi Achmad Syukri Tammalele, SE.,MM) melakukan penyerahan alat mesin pertanian berupa Pompa air secara simbolis kepada kelompoktani penerima manfaat yang tersebar di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Tubo Sendana, Malunda dan Ulumanda.

 
Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Bupati Majene, Kepala BSIP Sulawesi Barat dan Tim LO Majene, Ketua Pengawas dan evaluasi TMMB ke 120 Bapak Marsekal TNI Dr. Agus Priyanto, PSe,SE,MM.,MSc. Dandim 1401/Majene Letkol Czi Made bagus Asmara Putra, ST.,M.I,P, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Majene Hj.Andi Adlina Basharoe, SP.,M.Si, Camat Tammerodo Sendana, Kepala Desa Tallambalao, Penyuluh Pertanian Lapangan dan petani penerima manfaat di Kantor Desa Tallambalao, Kecamatan Tammerodo Sendana, Kabupaten Mamuju yang juga merupakan lokasi TMMD (TNI Manuggal Masuk Desa) ke-120 Tahun 2024 Kodim 1401/ Majene.
 
Dandim 1401/Majene menyampaikan TNI siap bersinergi mengawal dan mendampingi distribusi pompa serta memastikan distribusi pompa tepat sasaran untuk mendukung PAT padi pada lahan sawah tadah hujan. 
 
Kepala BSIP Sulawesi Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa program pompanisasi diharapkan bisa memacu aktivitas tanam di musim kedua tahun ini agar berjalan lebih cepat, meningkatkan indeks pertanaman yang tadinya nol (tidak ditanami) menjadi satu atau hanya satu kali menjadi dua kali atau lebih dalam setahun. Pompa yang sudah terdistribusi ke lokasi-lokasi target agar segera ditindaklanjuti untuk dibagikan ke petani sesuai pengajuan pada CPCL pompanisasi dengan memperioritaskan pada petani yang akan segera menanam sehingga pompa-pompa yang telah didistribusikan tersebut segera dipakai untuk mengejar pertanaman saat ini dan beliau menyampaikan terima kasih pada pihak TNI dan pemerintah daerah yang telah memfasilitasi pertemuan ini semoga Perluasan Areal Tanam melalui pompanisasi dapat terwujud dalam rangka mendorong ketahanan pangan nasional.
 
Bupati Majene mengharapkan agar bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para penerima manfaat (petani) dan segera menanam padi untuk mendukung ketahanan pangan khususnya di kabupaten Majene.  
 
Semoga kolaborasi kita antara (Pemerintah Daerah/Dinas Pertanian, BSIP dan TNI) dapat menjadi sesuatu yang memberi manfaat khusunya bagi petani dalam meningkatkan produksi dan produktivitasnya sehingga ketahanan pangan yang kita inginkan dapat kita capai.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset