PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Penyerahan Bantuan Pompa Air dan Benih VUB Padi Super Genjah di Kab.Mamasa




MAMASA- Kementerian Pertanian melalui BSIP Sulawesi Barat, Dinas Pertanian Kab. Mamasa dan TNI Kodim 1428 Mamasa menyerahkan bantuan pompa air kepada Kelompok Tani penerima di 17 Kecamatan dan benih VUB padi super genjah Varietas Padjajaran Agritan dan Cakra Buana Agritan sebanyak 170 kg kepada 4 BPP di Kabupaten Mamasa dalam mendukung Perluasan Areal Tanam (PAT) tahun 2024 di Kab. Mamasa. Acara penyerahan bantuan pompa dihadiri oleh Ketua Kelompok Tani penerima pompa air, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), dan Para Babinsa Kodim 1428 Mamasa, BSIP Sulawesi Barat.

 
Acara penyerahan pompa diawali dengan sambutan oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Mamasa, Menton, SP, M.Si. Kepala Dinas Pertanian mengatakan dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi para pelaku usaha tani di Kab. Mamasa, khususnya para kelompok tani yang telah terdata sebagai penerima bantuan. Beliau menyampaikan bahwa Kabupaten Mamasa mendapat bantuan pompa air terbanyak dibanding Kabupaten lainnya di Sulawesi Barat, yakni sebanyak 100 unit, namun yang sudah diterima sebanyak 30 unit. Kepala BSIP Sulbar yang diwakili oleh Ka. Subbag Tata Usaha, Raden Dwi Teguh Wijanarko, SP. dalam arahannya menyampaikan bahwa dengan adanya bantuan pompa dan benih, para petani dapat meningkatkan indeks pertanaman (IP 0) menjadi IP 100 atau IP 100 - IP 200 atau lebih sehingga memberikan manfaat yang signifikan bagi petani dan meningkatkan ketahanan pangan di wilayah kabupaten Mamasa”, tutur Raden dwi Teguh Wijarnarko, SP.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Pj Bupati Kab. Mamasa, Dr. Muhammad Zain bahwa dengan adanya bantuan pompa dan benih nantinya dapat membantu para petani dalam mengolah lahan pertanian dan meningkatkan produktivitas yang akan berdampak pada penghasilan/pendapatan masyarakat sekaligus meningkatkan produksi pangan dalam mendukung ketahanan pangan di wilayah Sulbar, khususnya Kabupaten Mamasa. Lebih lanjut Beliau menyampaikan bahwa pertanian sangat penting dan dapat menjadi sumber komplit bila tidak dikelola dengan baik karena merupakan food security. Oleh karena itu disampaikan bahwa suatu daerah atau negara yang kaya tidak ada perbedaannya dengan daerah atau negara yang miskin, namun yang ada adalah tata kelola yang salah urus. Kabupaten Mamasa harus dikelola dengan cara yang luar biasa, extra ordinary sehingga dbutuhkan SDM yang berkualitas. Pasiter Kodim 1428 Mamasa, Lettu Inf. Makmur juga dalam arahannya menyampaikan bahwa TNI/Babinsa siap mengawal dan mendampingi distribusi pompa air serta memastikan tepat sasaran dengan dukungan dari rekan-rekan penyuluh lapangan. 
 
Puncak acara ditandai dengan penyerahan bantuan pompa air secara simbolis oleh Bapak Pj Bupati Mamasa kepada salah satu Kelompok Tani penerima bantuan pompa air, dan dilanjutkan penyerahan benih VUB Padi Super Genjah dari BSIP Sulawesi Barat kepada Pj Bupati Mamasa, dan selanjutnya diserahkan kepada BPP Kecamatan Aralle sebagai pewakil. Dengan adanya bantuan pompa dan benih VUB padi yang diterima oleh Kelompok Tani diharapkan akan terjadi peningkatan luas areal tanam yang akan berdampak pada peningkatan produksi dan indeks pertanaman, dari IP 0 menjadi IP 100 atau IP 100 menuju IP 200 atau lebih, terutama padalahan sawah tadah hujan di Kabupaten Mamasa.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset