PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

BSIP Sulbar Hadiri Closing Ceremony PEKSyar Sulbar Tahun 2024




Mamuju-BSIP Sulbar diwakili Kasubbag TU R.D. Teguh Wijanarko, S.P hadir pada acara Closing Ceremony Pekan Ekonomi Syariah (PEKSyar) Sulawesi Barat 2024. Kegiatan PKESyar diselenggarakan oleh Perwakilan Bank Indonesia (BI) Prov. Sulawesi Barat bekerjasama dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Prov. Sulawesi Barat. Kegiatan yang dilaksanakan di Atrium Mall Maleo Town Square Mamuju pada 1 Juni 2024 turut dihadiri oleh Sekda Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan PKESyar dilaksanakan dalam rangka mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Sulawesi Barat, serta untuk menyemarakkan Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia yang akan diselenggarakan di Kendari Pada tanggal 7 – 10 Juli 2024. Kepala Perwakilan BI Prov. Sulawesi Barat Gunawan Purbowo pada sambutannya menyampaikan terima kasih karena kegiatan yang telah dilakukan pada 22 Mei – 1 Juni 2024 ini berlangsung lancar dan mendapatkan dukungan dari semua pihak. Gunawan Purbowo juga menyampaikan bahwa sektor keuangan ekonomi syariah (yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam) telah melakukan kerja sama dengan 57 pesantren di Indonesia. Pesantren adalah institusi pendidikan Islam tradisional di Indonesia yang memberikan pendidikan agama, akademik, dan keterampilan kepada para santri (peserta didik pesantren).
 
Pada kesempatan yang sama, Sekda Prov. Sulbar pada sambutannya menyampaikan rasa terima kasih karena kegiatan ini telah mendorong potensi daerah dan ekonomi Sulawesi Barat. “Peningkatan ekonomi Sulawesi Barat sebesar 5,4 persen, kita mempunyai sekitar 1.900 UMKM yang menjadi salah satu potensi pendorong Ekonomi” lanjut Sekda. Ekonomi syariah 48% dari PDB Nasional, diharapkan ekonomi syariah dapat mengoptimalkan potensi yang ada. Sulawesi Barat adalah pintu terdekat dari Ibu Kota Negara (IKN), dengan potensi wilayah yang ada kita harus bisa memaksimalkan untuk menjadi penopang IKN. Apresiasi setinggi-tingginya kepada BI menjadi penutup penyampaian Sekda.
 
Bersamaan dengan acara tersebut dilaksanakan juga penyerahan Juara Olimpiade dan Penyerahan Sertifikat Halal. Saat ini telah terbit sebanyak 28 Sertifikat Halal di Sulawesi Barat, serta Penandatanganan MoU Kerjasama Antar Daerah (KAD).
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset