PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Koordinasi dan Survey Lahan CPCL Kegiatan Produksi Benih Jagung




Mamuju- Tim BPSIP Sulbar melakukan perjalanan ke beberapa Lokasi di Kab. Mamuju untuk melakukan peninjauan lahan jagung yang akan digunakan sebagai CPCL pada kegiatan produksi benih jagung TA. 2024. Secara keseluruhan target produksi benih padi yang ditargetkan pada tahun ini sebanyak 12.5 Ton dengan jenis jagung komposit sebagai benihnya.

 
Kegiatan diawali dengan melakukan koordinasi ke Dinas Pertanian Kab. Mamuju sebagai bentuk sinergitas antara BPSIP Sulbar dengan pemerintah daerah. Ditemui di ruangan kerjanya, Kadis Pertanian Kab. Mamuju menyambut kedatangan tim BPSIP Sulbar dan secara seksama mendengarkan uraian kegiatan produksi benih jagung yang akan dilakukan. Kadis Pertanian Kab. Mamuju mengapresiasi dan turut memberikan dukungan dan harapan agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik. Salah satunya dengan memberikan daftar lokasi yang potensial untuk kegiatan produksi jagung.
 
Setelah melakukan koordinasi di Dinas Pertanian Kab. Mamuju, tim BPSIP Sulbar selanjutnya berangkat ke Kec. Kalukku untuk meninjau secara langsung lokasi-lokasi potensial. Lahan-lahan jagung yang dikunjungi antara lain bertempat di Desa Pokkang dan Kelurahan Kalukku.
 
Data-data potensial lahan berupa luasan, sumber air, sistem tanam konvensional, daftar kelompok tani, serta musim tanam dikumpulkan dan akan didiskusikan lebih lanjut oleh tim untuk penentuan lokasi yang tepat dalam pelaksanaan kegiatan produksi benih jagung.