PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

BSIP Sulbar Siap Produksi Benih Padi Terstandar




Mamuju Tengah-Salah satu kendala dari lambatnya penyediaan benih 6 tepat (tepat jenis, waktu, jumlah, mutu, lokasi dan harga) ditingkat petani yaitu karena kurangnya informasi mengenai ketersediaan benih dari para produsen. Dalam rangka penyediaan Varietas Unggul Baru Padi Terstandar, Tim UPBS BSIP Sulbar didampingi Pengawas Benih Tanaman dari BPSB Prov. Sulbar melakukan hunting Lokasi perbenihan padi di Kec. Karossa, Kab. Mamuju Tengah, Sabtu 6 Juli 2024. 

Tim melakukan survey lapangan untuk menentukan lokasi serta petani yang akan menjadi kooperator kerjasama dalam kegiatan perbenihan. Survey lokasi pertama dilakukan di hamparan kelompok tani Buadau, Kecamatan Karossa. Survey lokasi kedua di KT. Tanete Pokki Desa Lara, Kec. Karossa. Survey lokasi terakhir di Desa lara Kec. Karossa tepatnya dilahan milik KT. Samakarya 2. 
 
Dari ketiga lokasi yang telah disurvey dan hasil dialog bersama calon petani penggarap, tim UPBS mendapat titik terang calon lokasi perbenihan di lokasi survey ketiga yaitu di lahan KT Samakarya 2 Desa Lara, Kec. Karossa, Kab. Mamuju Tengah. Tak hanya di terima oleh petani, kegiatan perbenihan juga didukung oleh aparat Desa setempat salahsatunya kepala Desa. 
 
Kegiatan Produksi Benih Sumber ini akan dilaksanakan pada MT II di Kab. Mamuju Tengah seluas 5ha dengan output 11 ton benih sumber, varietas yang akan ditanam yaitu varietas Cakrabuana agritan dan Mekongga.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset