PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulawesi Barat Menggelar Panen Perdana




Wonomulyo- Musim panen padi telah tiba dan tentunya sebagai daerah lumbung padi, kabupaten Polman bersiap menyambut hajat ‘sang Dewi Sri’, yaitu panen. Gempitanya panen juga dirasakan para petani dari Kelompok Tani Harapan mulyo di Desa Bumiayu, Kec. Wonomulyo.

Kementerian Pertanian melalui BSIP Sulawesi Barat menggelar panen perdana kegiatan produksi dan diseminasi benih sumber mendukung swasembada pangan di Sulawesi Barat, Senin 15 Juli 2024. Momen ini menjadi semakin istimewa karena dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Polman, Drs. Muhammad Ilham Borahima, Kadis Pertanian dan Pangan Kab. Polman beserta jajarannya, Camat Wonomulyo serta Kelompok Tani Harapan Mulyo di Desa Bumiayu, Kec. Wonomulyo. Penanggungjawab kegiatan yakni Kepala BSIP Sulawesi Barat turut menghadiri kegiatan bersama dengan tim. Dalam kesempatan ini Pj.Bupati Polman bersama jajaran diajak untuk ikut merasakan sensasi panen di bawah teriknya matahari.
 
Kepala BSIP Sulbar, Repelita Kallo, S.TP, M.Si dalam laporannya menerangkan jika dipilihnya Desa Bumiayu ini sebagai Lokasi produksi benih bukan tanpa alasan. Sebab, kelompok tani Harapan Mulyo yang berada di Desa Bumiayu telah lama bekerjasama dengan BSIP untuk memproduksi benih VUB yang terstandar. Selain itu, akses Lokasi yang mudah diakses, pengairan memadai serta rasa gotong royong yang ditinggi dimasyarakat menjadi alasan utama mengapa BSIP Sulawesi Barat memilih Lokasi ini untuk kegiatan perbenihan. Kepala BSIP Sulawesi Barat juga melaporkan hasil ubinan yakni 7,67 t/ha. Varietas yang dipanen adalah VUB padi Cakrabuana Agritan.