PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Produksi Benih Sumber Padi Terstandar Solusi Cerdas Tingkatkan Produktivitas Padi




POLMAN-Serangkaian proses Diseminasi inovasi teknologi melalui penerapan SNI 6233:2015 tengah dilakukan BSIP Sulawesi Barat dalam memproduksi benih padi Inbrida. Varietas unggul Cakrabuana Agritan menjadi pilihan sebagai bagian dari upaya mitigasi dalam mengantisipasi kekeringan karena varietas Cakrabuana Agritan adalah salah satu varietas padi toleran kekeringan. Umurnya pun genjah yakni 104 hari setelah semai. Kegiatan perbanyakan benih sumber dilaksanakan di Desa Bumi Ayu Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman dengan capaian produksi 6,76 ton/ha GKP.

Bupati Polman Muhammad Ilham Borahima turut serta melakukan panen bersama sebagai wujud dukungan atas terlaksananya kegiatan tersebut. Beliau sangat mengapresiasi adanya Program kemiteraan BSIP dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Polewali Mandar dalam memproduksi benih padi terstandar.
 
Kepala BSIP Sulawesi Barat Repelita Kallo dalam sambutannya menyampaikan bahwa benih sumber yang hasilkan akan disebar ke seluruh kabupaten di Propinsi Sulawesi Barat utamanya pada kelompok penangkar agar proses perbanyakan benih sumber berkesinambungan dan tersedia secara insitu.
 
Harapannya agar petani tidak lagi menggunakan benih asalan agar produksi dan produktivitas usahataninya meningkat. Hal ini tentunya akan berdampak pada pencapaian ketahanan pangan secara Nasional.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset