PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Berbagi Ilmu dan Diskusi: "Mengenal Lebih Dekat Hama dan Penyakit Tanaman Pertanian"




Mamuju-Dalam rangka pelaksanaan pelayanan guna penerapan Standar Instrumen Pertanian di Sulawesi Barat, BPSIP Sulawesi Barat melakukan sharing informasi dan diskusi tentang pengelolaan terpadu hama dan penyakit tanaman pertanian. Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Mamuju yang melibatkan mahasiswa peserta magang dari Universitas Hasanuddin, Makassar yang didampingi oleh pembimbing instansi tersebut, Bapak Muhammad Abduh Qudratullah, S. Pt., M. Si. Dalam kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa peserta PAKET dari Universitas Sulawesi Barat. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk perluasan wawasan mahasiswa pertanian akan komponen-komponen penting dalam menghasilkan produk pertanian yang terstandar, dalam hal ini yaitu pengenalan dan pengelolaan hama penyakit tanaman secara terpadu.
 
Salah satu staff BPSIP Sulawesi Barat yang terkonsentrasi dalam bidang hama dan penyakit tanaman, Muh. Syaifullah Hiola, S.P., M.Si bertindak sebagai fasilitator yang memandu kegiatan sharing ilmu dan diskusi pada kesempatan ini. Diawali dengan pemaparan materi singkat berupa sifat-sifat dasar serangga, ciri dan morfologi serangga hama dan musuh alami, serta langkah-langkah strategis dalam upaya pengelolaan hama dan penyakit tanaman. Peserta kegiatan tampak antusias dan semangat dalam memahami materi yang disampaikan, dibuktikan dengan adanya interaksi yang tinggi antara peserta dengan fasilitator melalui sesi diskusi.
 
Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan pengamatan langsung tanaman-tanaman yang ada di kawasan Taman Agrostandar untuk melihat secara detail bentuk bentuk kerusakan tanaman yang diakibatkan oleh serangan hama dan penyakit. Diskusi lapang menjadi bagian terakhir yang menutup kegiatan hari ini.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset