PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Koordinasi Data SDA, BSIP Sulbar Kunjungi BWS dan Dinas PUPR




Sulawesi Barat-Tim BSIP Sulawesi Barat yang dipimpin langsung Kasubbag TU melakukan serangkaian kunjungan kerja strategis ke Satker Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III Palu dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mamuju serta Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Barat. Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk koordinasi data penting terkait sumber daya air (SDA) yang akan menjadi dasar dalam mendukung berbagai kegiatan kementerian pertanian khususnya di Sulawesi Barat.

 
Dalam kunjungan ke Satker Operasi dan Pemeliharaan (OP) BWS Sulawesi III Palu, BSIP Sulbar mengadakan diskusi intensif mengenai data sumber daya air yang meliputi jumlah sungai, nama-nama sungai, debit air sungai, bendung. Pertemuan ini bertujuan untuk memastikan dan mendapatkan data yang akurat dan terkini sebagai dasar perencanaan pengembangan pertanian di wilayah Sulawesi Barat. Setelah pertemuan dengan BWS, BSIP Sulbar melanjutkan koordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Mamuju dan Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Barat. Fokus utama dalam pertemuan ini adalah untuk memperoleh data daerah irigasi (DI) yang meliputi jaringan irigasi, kondisi infrastruktur irigasi, serta luas area yang dilayani oleh sistem irigasi tersebut. Informasi ini sangat penting untuk mendukung upaya peningkatan produktivitas pertanian dan pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.
 
Melalui koordinasi yang baik dengan BWS dan Dinas PUPR, BSIP Sulbar berharap dapat menghasilkan data yang valid dan komprehensif untuk mendukung berbagai kegiatan strategis Kementerian Pertanian, termasuk peningkatan produksi pertanian, peningkatan indeks pertanaman, dan peningkatan kesejahteraan petani di Sulawesi Barat. Kegiatan koordinasi ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk mendukung program strategis Kementerian Pertanian, serta mendukung ketahanan pangan dan pertanian yang lebih baik di masa depan.