PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Kunjungan BMKG ke BSIP Sulbar: Membangun Sinergi untuk Pertanian Berkelanjutan




Mamuju-Dalam upaya memperkuat sinergi antar lembaga, BSIP Sulbar menyambut kedatangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Barat. Kunjungan tersebut merupakan langkah awal dalam penjajakan kerjasama yang bertujuan untuk mempermudah kolaborasi terkait pertukaran data yang sangat vital bagi sektor pertanian khususnya di Sulawesi Barat.
 
Pada pertemuan yang berlangsung hangat di Ruang Layanan PPID, kedua lembaga berdiskusi mengenai pentingnya data iklim, curah hujan, dan perkiraan cuaca bagi BSIP Sulbar. Data-data diperlukan untuk mendukung kegiatan pendampingan dan diseminasi informasi kepada para petani, sehingga para petani dapat memperoleh informasi terkini dan akurat yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan pertanian mereka.
 
Ketua Tim Teknis BSIP Sulbar (Marthen P. Sirappa) yang didampingi Katimker DSIP (Marwayanti Nas) menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif BMKG Sulbar untuk menjalin kerjasama ini. “Pertanian merupakan sektor yang sangat bergantung pada kondisi cuaca dan iklim. Dengan adanya kerjasama diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih baik kepada petani sehingga mereka dapat merencanakan kegiatan pertanian dengan lebih tepat,” ujarnya. Sementara itu, Kepala TU BMKG Sulbar (Setyawan) menambahkan bahwa kerjasama ini tidak hanya akan menguntungkan BSIP Sulbar dan para petani, tetapi juga akan membantu BMKG dalam memperluas jangkauan informasi yang mereka miliki. “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan BSIP Sulbar. Melalui kerjasama, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan kesejahteraan petani di Sulawesi Barat,” katanya.
 
Dengan adanya sinergi, BSIP Sulbar dan BMKG Sulbar berharap dapat menciptakan sistem pertanian yang lebih berkelanjutan dan tangguh terhadap perubahan iklim. Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional. Selanjutnya kerjasama diharapkan dapat segera terealisasi dan memberikan manfaat nyata bagi seluruh stakeholder di sektor pertanian Sulawesi Barat. Dengan kerjasama yang solid, tantangan dalam bidang pertanian dapat diatasi dengan lebih efektif dan efisien.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset