PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Kolaborasi Peningkatan Produksi dan Produktivitas Padi melalui GAP




Mamuju-Tim BSIP Sulawesi Barat berkoordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kab. Mamuju dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan Pendampingan Penerapan dan Diseminasi Standar Instrumen Pertanian berbasis  GAP (Good Agriculture Practise ).
 
Sasarannya adalah pada lahan sawah tadah hujan di Kelurahan Sinyonyoi Kecamatan Kalukku Kab.Mamuju sebagai lokasi PAT yg memiliki potensi untuk  ditingkatkan produksi dan produktivitasnya.
 
Koordinasi disambut baik Kepala Bidang Pangan dan Hortikultura DTPHP Kab Mamuju Bapak Mahyuddin SP, M.Si. Melalui koordinasi ini, Sarpina,STP., M.Si selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan poin penting pada pelaksanaan kegiatan salah satunya adalah penerapan komponen pengelolaan lingkungan dengan benar. Terkait hal tersebut, akan dilakukan  analisis tanah sebelum penanaman padi sebagai dasar dalam menentukan rekomendasi pemupukan.
 
Selain hal tersebut, untuk pencapaian output terkait standardisasi instrumen pertanian maka dilakukan edukasi pada kelompok tani yg berminat melakukan penangkaran benih padi dengan penerapan SNI 6233:2015 tentang produksi benih padi Inbrida; dan mengintroduksi varietas padi  Tahan Tungro (Inpari 36 dan 37) sebagai varietas unggul yg dapat menjadi pilihan petani mengingat sebagian lokasi di Kecamatan Kalukku adalah lokasi endemik Tungro.
 
Harapannya melalui penerapan standar instrumen pertanian baik  benih maupun pengelolaan lingkungan berbasis GAP dapat meningkatkan produksi dan produktivitas usahatani yg mengarah pada peningkatan pendapatan petani.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset