PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Pengambilan Sampel Benih Untuk Uji Laboratorium




Mamuju- Pengambilan contoh benih merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pengawasan mutu dan sertifikasi benih pertanian.

Kepala BSIP Sulawesi Barat Repelita Kallo,S.TP., M.Si selaku PJ Kegiatan Perbenihan mendampingi Tim Pengawas Benih Tanaman (PBT) dari BPSBTPH Provinsi Sulawesi Barat melakukan sampling benih padi di UPBS BSIP Sulawesi Barat. Hal tersebut merupakan bagian dari rangkaian pengawasan mutu dan sertifikasi benih pada kegiatan produksi benih padi terstandar. Metode sampling yang digunakan yaitu pengambilan contoh benih secara acak dengan memperhatikan persyaratan yang telah ditetapkan. Sampel benih yang diambil nantinya akan dilakukan pengujian/ analisis mutu benih padi di laboratorium.

Tujuan dari pengujian/analisis mutu benih adalah untuk mendapatkan data terkait mutu benih yang meliputi kadar air, kemurnian fisik dan daya berkecambah benih.

Hasil pengujian/analisis tersebut akan menjadi indikator untuk menentukan layak tidaknya benih dinyatakan sesuai standar yang ditandai dengan terbitnya sertifikat benih bina oleh BPSBTPH. Adapun varietas yang diambil dalam pengujian benih yaitu varietas Cakrabuana Agritan dengan kelas Benih Pokok/ Stock Sees(SS) 

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset