PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Dukung Program PAT dan Antisipasi El Nino, BSIP Sulbar Serahkan Bantuan Benih Padi Cakrabuana Agritan




Mamuju-Dalam upaya mendukung program Perluasan Area Tanam (PAT) di Kabupaten Mamuju, BSIP Sulawesi Barat menyerahkan 3 ton benih padi varietas unggul baru (VUB) Cakrabuana Agritan. Penyerahan benih secara simbolis dilakukan oleh Kepala BSIP Sulbar (Repelita Kallo) kepada Kelompok Tani Tamariri I dan Tamariri II. Kegiatan yang dilaksanakan di kantor BPP Kalukku, turut dihadiri oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Mamuju, koordinator BPP Kalukku, serta para penyuluh pertanian.

Penyerahan benih padi varietas Cakrabuana Agritan ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan data terbaru dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), beberapa wilayah di Sulawesi Barat diperkirakan akan mengalami dampak fenomena El Nino yang dapat memicu kekeringan. Varietas Cakrabuana Agritan dipilih karena memiliki ketahanan yang baik terhadap kondisi kekeringan dan berumur genjah, sehingga diharapkan mampu mendukung keberhasilan tanam di daerah-daerah yang rawan kekeringan seperti Kalukku pada periode tanam Oktober - Maret 2023 - 2024. Benih padi yang diserahkan merupakan label ungu/ Benih Pokok (BP)/ Stock Seed (SS) yang hasilnya nanti masih bisa dijadikan benih kembali oleh petani. 
 
Selain menerima benih, Kelompok Tani Tamariri 1 dan Tamariri II juga merupakan penerima bantuan pompa air pada kegiatan pompanisasi. Kepala BSIP Sulawesi Barat menegaskan bahwa upaya ini merupakan bagian dari komitmen BSIP untuk mendukung petani dalam menghadapi perubahan iklim dengan memberikan solusi yang tepat guna, seperti penggunaan benih padi unggul yang tahan terhadap kondisi ekstrem. Dukungan ini juga diharapkan dapat mendorong percepatan peningkatan produktivitas pertanian di Sulawesi Barat, khususnya di wilayah-wilayah yang terdampak El Nino dan mendukung PAT sebagai program strategis Kementan RI.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset