PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

PKLA Unsulbar Praktek Pemupukan dan Uji Status Hara




Mamuju-BSIP Sulawesi Barat terus berkomitmen menjaga kelangsungan produksi pertanian di wilayahnya. Pada 28 September 2024, Tim BPSIP dan mahasiswa Praktik Kerja Lapangan Agribisnis (PKLA) Universitas Sulawesi Barat melakukan pemupukan tanaman jagung dan praktek pengambilan sampel tanah di Desa Pokkang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.
 
Kegiatan ini diselenggarakan khusus bagi mahasiswa PKLA dan dipandu oleh Muhammad Syaifullah Hiola, SP.,M.Si serta Ir. Marthen P. Sirappa, M.Si. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan mahasiswa tentang cara pemupukan yang tepat.
 
Setelah pemupukan, mahasiswa PKLA diarahkan untuk melakukan pengambilan sampel tanah, dibimbing oleh Marthen P. Sirappa. Selama proses tersebut, beliau menjelaskan cara pengambilan sampel tanah yang tepat, kemudian dilanjutkan dengan uji tanah menggunakan Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK). Terdapat empat unsur yang dapat diuji, yaitu pengujian untuk status P, K, pH, dan C-Organik.
 
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kandungan P berada pada tingkat sedang, K berada pada tingkat sedang, pH menunjukkan kondisi masam, dan kandungan C-Organik rendah. Dari hasil tersebut penambahan bahan amelioran dan pupuk yg direkomendasikan yakni kapur 750 kg/Ha, 175 Sp-36Kg/Ha, 75 KCl kg/Ha dan Urea +Bahan Organik 350 kg/Ha Atau Urea Tanpa Bahan Organik 400 kg/Ha.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset