PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

BSIP Sulawesi Barat Tingkatkan Akurasi Data PAT Pompanisasi Melalui Poligonisasi Lahan




Mamuju – BSIP Sulawesi Barat terus berinovasi untuk meningkatkan ketepatan data spasial dalam program Perluasan Areal Tanam (PAT) pompanisasi. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah melakukan poligonisasi lahan secara langsung di lapangan dan on desk dari Kantor BPP.

Kegiatan ini diawali dengan koordinasi antara Tim LO BSIP Sulbar bersama Penyuluh Pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kalukku dan Papalang (2 – 3/10/2024). Tim kemudian bergerak ke lokasi-lokasi pompanisasi, memanfaatkan aplikasi webGIS untuk melakukan poligonisasi secara presisi.
 
Poligonisasi ini dilakukan guna memastikan lahan yang ditargetkan untuk program pompanisasi benar-benar sesuai secara spasial, terutama untuk lahan yang mengalami peningkatan indeks pertanaman (IP). Proses ini tidak hanya berhenti di lapangan, namun juga dilanjutkan dengan analisis di Ruang AOR BSIP Sulbar, di mana hasil poligonisasi dikaji lebih lanjut untuk menghasilkan laporan yang lebih detail dan akurat.
 
Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen BSIP Sulbar untuk mendukung pengelolaan data pertanian yang berbasis teknologi dan data spasial guna mencapai swasembada pangan yang berkelanjutan. Kolaborasi yang erat antara BSIP Sulbar dan penyuluh pertanian menjadi kunci sukses dalam memastikan setiap tahapan program pompanisasi dan poligonisasi berjalan dengan baik.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset