PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Wujud Dukungan BPTP Sulbar Kepada BPHMT-IB




Polman, 8/07/2020- Sebagai wujud tindak lanjut dan komitment BPTP Sulawesi Barat memberi dukungan kepada UPT BPHMT-IB hari ini tim BPTP Sulawesi Barat turun langsung ke instalasi pembibitan BPHMT-IB yang terletak di Desa Beroangin Kec. Mappilli Kab. Polman. Adapun Inovasi teknologi yang didiseminasikan yaitu benih hijauan pakan unggul (Indigofera), pakan suplemen minoxvit (suplement pejantan dan induk), bioplus pedet, serta nano hormon estrunak untuk sinkronisasi birahi.

Diseminasi ini bertujuan untuk memperkenalkan inovasi yang dihasilkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang mendukung pengembangan dibidang peternakan. Inovasi teknologi berupa pakan suplemen minoxvit ini merupakan pakan aditif yang mengandungbanti oksidan alami, mineral dn vitamin.

Fungsi dari suplement ini yaitu memperbaiki status reproduksi pejantan dan induk. Bioplus pedet merupakan pakan aditif yang mengandung jasad renik dari rumen yang sifatnya non patogen yg berfungsi membantu proses adaptasi pakan pada pedet, dan mengurangi diare pada pedet. Hijauan indigofera meruapakan hijauan unggul yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dengan kandungan protein kasar 27,9%, serat kasar 15,25%, kalsium 0,22% dan fosfor 0,18%.

Tanaman ini merupakan tanaman yang tahan terhadap musim kering, genangan air dan salitas. Estrunak merupakan nano hormon sediaan hormon prostaglandin (Cloprostenol sodium) dalam bentuk nanopartikel (10-1000 nm). Dengan ukuran partikel ±300 nm nanopartikel hormon prostaglandin akan lebih efektif dimanfaatkan sehingga hormon dapat diaplikasikan dalam dosis yang lebih kecil dalam kegiatan sinkronisasi birahi pada ternak. Harapan dari kegiatan ini yaitu terdiseminasikannya inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian dan mendukung pengembangan pembibitan ternak di UP BPHMT-IB Prov. Sulawesi Barat.(fitri)

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset